EMPAT MAHASISWA UNITRI BERSAING DALAM KOMPETISI NUDC DAN KDMI TINGKAT WILAYAH TAHUN 2022 KEMENDIKBUDRISTEK

MALANG – Empat mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menjadi peserta National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat wilayah tahun 2022 yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Di gelar secara semi offline dan online, tim asal UNITRI melakukan persiapan mengikuti lomba di studio Unitri TV, Selasa (21/06).

Berdasarkan hasil seleksi tim verifikator yang telah dilaksanakan, UNITRI mengirimkan dua tim yang terdiri dari satu tim dalam kompetisi NUDC atas nama Rizkiana Fatichah Azzahra dan Maria Gracela Fortunata, kemudian satu tim kompetisi KDMI atas nama Yohanes Bernaldi Seram dan Pankrasius Alkiyam Kolaret. Mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh Kepala Bagian Prestasi Ilmiah dan Minat Bakat Kemahasiswaan UNITRI, Fathul Qorib, S.I.Kom., M.I.Kom dan Sulih Indra Dewi, S.Sos., MA.

Kepala Bagian Prestasi Ilmiah dan Minat Bakat Kemahasiswaan UNITRI, Fathul Qorib, S.I.Kom., M.I.Kom menjelaskan UNITRI merupakan salah satu Perguruan tinggi yang rutin mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan debat tersebut setiap tahunnya. Seperti diketahui, peserta debat wajib membuat rekaman video lomba untuk diupload di Youtube sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Setelah lolos di tingkat wilayah atau regional Jawa Timur, nantinya sepuluh tim yang berhasil akan mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional.

“Biro kemahasiswaan yang mendapatkan informasi lomba ini, telah melakukan seleksi di tingkat Universitas sehingga terpilih dua tim tersebut dengan pembina Sulih Indra Dewi, S.Sos., MA untuk kompetisi NUDC dan saya sendiri sebagai pembina KDMI. Kita sudah melakukan briefing dan pelatihan-pelatihan. Semoga mereka yang kita kirimkan ini bisa memenuhi kualifikasi di tingkat Jawa Timur sehingga dapat peringkat dan dapat mewakili di tingkat nasional.”

Fathul menambahkan, Kedepan Biro Kemahasiswaan akan menyiapkan tim jauh-jauh hari dengan menyelenggarakan kompetisi debat di level internal Universitas dan diseleksi secara bertahap. Pemenang dari kompetisi debat internal ini akan diikutkan untuk kompetisi NUDC dan KDMI di tingkat Regional dan Nasional. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita