Sosialisasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) terus digalakkan untuk peningkatan UMKM di Indonesia. Sosialisasi tersebut juga dilakukan Prodi Akuntansi Unitri dalam Seminar Regional yang mengambil tema tersebut, Selasa (21/11). Ahmad Mukhoffi, SE., M. SA, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi menjelaskan diadakan Seminar Regional tersebut agar mahasiswa paham akan penerapan SAK EMKM pada tahun 2018.

“Sehingga mahasisa tidak kalah dengan mahasiswa luar dan mereka (mahasiswa) akan tahu bahwa akan diterbitkan SAK EMKM di tahun 2018,” Ungkap beliau.

Dalam acara tersebut, Dra. Istutik, Ak., MM, CA dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Malang dan Nanang Winarno, SE., MM Kabag Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, dan Eddhy Ghozali praktisi dari Indobaba dipilih untuk memberi materi seminar. Prodi Akuntansi memilih pemateri yang memiliki kompetensi mengarah pada keprofesian Akuntansi, sehingga dapat memberi pemahaman mahasiswa menyangkut profesi tersebut.

Bertepatan acara yang didukung oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, Himpunan Mahasiswa Akuntansi juga bekerjasama dengan Lembaga Penerbitan Salemba Empat. Kerjasama tersebut diarahkan untuk sumbangan buku kepada perpustakaan guna meningkatkan kompetensi mahasiswa Akuntansi.

“Keterkinian buku dapat dibaca semua anggota, dan meningkatkan kompetensi,” terang Ahmad Mukhoffi, SE., M. SA pada Humas Unitri saat acara Seminar Regional di GOR Unitri. Wakil Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi Unitri berharap bahwa seminar yang diadakan juga untuk memperingati Dies Natalis Prodi Akuntansi, dapat meningkatkan kerjasama dengan pihak luar.

“Acara ini mendapat sambutan yang baik dari mahasiswa, kami (panitia) hanya menargetkan 500 peserta tetapi yang hadir sejumlah 598,” Ungkap Oktarin salah satu panitia penyelenggaraan Seminar Regional. Selain seminar, panitia juga mengadakan senam sehat sebagai rangkaian acara pada Hari minggu (26/11). (Humas)

Leave a reply