PERDANA: PRODI SARJANA KEPERAWATAN UNITRI GELAR PRAKLINIK ONLINE

Malang- Untuk pertama kalinya, Program studi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar kegiatan pra klinik secara online. Kegiatan ini terpaksa dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus di tengah pandemi covid-19.

Kepala program studi Sarjana Keperawatan UNITRI, Sirli Mardianna Trishinta, S.Kep., Ns., M.Kep menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan pra klinik online. Bila sebelumnya, mahasiswa secara online melakukan pra klinik saat seleksi kognitif dan mengerjakan soal test, tahun ini mahasiswa harus menyelesaikan keseluruhan tahapan pra klinik secara full. Meski secara psikomotorik mahasiswa tidak mendapatkan beberapa praktikum dilapangan, kegiatan dilakukan dengan menggunakan pemberian kasus.

“Sebenarnya banyak hal yang akhirnya tidak didapatkan mahasiswa saat praklinik secara online. Seperti yang paling mendasar adalah kemampuan psikomotorik mahasiswa yang biasanya didapat karena berinteraksi langsung dengan pasien. Tetapi karena ada pandemi ini dan kebetulan department yang dilalui mahasiswa tidak dapat diidentifikasikan aman untuk mahasiswa walaupun menggunakan APD lengkap sekalipun, jadi sebagai cara kita berikan kasus kepada mahasiswa tentang beberapa masalah yang biasa terjadi di lahan baik yang berasal dari asosiasi keperawatan, oleh kakak tingkatnya, dan diketahui oleh dosennya. Secara acak, mahasiswa praklinik mendapatkan kasus tersebut.”

Melalui praklinik online ini, mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan kasus secara lebih detail dibandingkan saat masa perkuliahan. Sirli menambahkan, mahasiswa tidak hanya fokus pada kasus tertentu melainkan juga bisa merepresentasikan bahwa pasien yang datang akan membawa keluhan yang beragam. Dengan pemberian kasus ini, mahasiswa diharapkan bisa mengetahui dan memberikan diagnosa tentang kasus tertentu dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Seperti diketahui, praklinik merupakan program wajib diikuti oleh mahasiswa Sarjana Keperawatan yang masuk semester 4, 6 dan 8.Sebelumnya, FIKES telah menyiapkan 5 lahan praktikum yang terdiri dari Kep Gadar & Kritis, Kep Gerontik, Kep Komunitas & Keluarga, Kep Manajemen dan Kep Jiwa bagi mahasiswa dan siap melakukan serah terima pada bulan April-Mei 2020 lalu. Tetapi karena perkembangan covid yang semakin banyak dan mempertimbangkan kondisi mahasiswa, Fikes UNITRI menarik mahasiswa yang melakukan praklinik dan akhirnya membuat praklinik online seminggu setelah rencana kegiatan. Tahun ini, sebanyak 98 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2016 dan beberapa angkatan 2015 telah mendaftarkan diri mengikuti praklinik. Adapun jadwal penugasan praktik klinik diantaranya Gadar & Kritis (20 April – 1 Mei), Gerontik & Komunitas (3 Mei – 16 Mei), Manajemen (18 Mei-23 Mei), dan Jiwa (24 Mei-30 Mei).

Sejauh ini, baru satu praklinik yang dilakukan secara online dan masih menyisakan dua kali praklinik. Lebih lanjut, Sirli berharap pandemi dapat cepat berakhir sehingga mahasiswa dapat memulai kembali kegiatan pra klinik di lahan praktik. Ia yakin mahasiswa dapat lebih optimal melakukan praklinik secara langsung mengingat banyak pengalaman dan pelajaran yang akan didapatkan dilapangan. Hanya saja, karena covid-19, hal tersebut menjadi sedikit berkurang.

“Beberapa kasus seperti bertemu pasien langsung, menghadapi pasien langsung dan keluarganya pastI berbeda. Begitupun kalau mahasiswa bertemu dengan yang benar-benar perawat yang ada di lahan dengan banyak tenaga medis yang ada di sana, itu pasti akan berbeda. Harapannya praklinik dapat segera dilakukan secara langsung setelah pandemi berakhir.”

Selama pandemi, Pra klinik tetap akan dilangsungksn oleh FIKES UNITRI dengan melakukan sistem online. Agustus nanti, Pra Klinik I dan II akan dilaksanakan dengan metode serupa. Sementara, bagi mahasiswa yang belum mendaftar, Sirli menghimbau mahasiswa dapat melakukan registrasi dengan membayar biaya praklinik I dan II sesuai dengan jadwal yg ditentukan.

“Selama masa pandemi, biaya praklinik diturunkan dari 750.000 menjadi 225.000. Pembayaran dapat dilakukan langsung di Bank BNI.“Tutupnya. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita