GELAR PERTEMUAN DENGAN 16 MAHASISWA TIMOR LESTE, UNITRI SIAP BANTU PROSES BELAJAR MAHASISWA ASING

Malang – Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar pertemuan dengan 16 mahasiswa asing asal Timor Leste, Rabu (03/08) di Ruang B.24. Didampingi oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Biro kemahasiswaan, UPT Kerjasama dan Perencanaan serta UPT Humas dan Sekretariatan Universitas, pertemuan tersebut dalam rangka membahas tentang kebijakan dan kerja sama UNITRI dengan Timor Leste, dari total 46 mahasiswa asing yang terdaftar di UNITRI. Dalam kegiatan tersebut banyak masukan berkaitan dengan layanan, studi, dan kendala bagi mahasiswa asing. Semua pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa langsung mendapat jawaban dari pimpinan.

Kepala UPT Kerja Sama dan Perencanaan, Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.Pd menyampaikan, UNITRI berusaha membantu dan memfasilitasi  kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa asing, terutama dari Timor Leste. Sejauh ini, bahasa merupakan bagian dari kendala yang dialami oleh mahasiswa sehingga UNITRI juga akan melakukan beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut.

“Adapun Poin-poin yang disampaikan yakni, pemberian kursus Bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing yang masuk ke kampus kita, agar dalam studinya mereka tidak mengalami kendala bahasa. Selain itu, beberapa hal yang berkaitan dengan beasiswa serta perijinan belajar dikelola oleh UPT Kerja Sama melalui Bagian Internasional Office atau Bagian Pusat Kemahasiswaan Asing.”

Tak hanya itu, UNITRI akan menjembatani kerjasama dengan pihak lembaga dari Timor Leste. Kondisinya sekarang mahasiswa asing sudah semester akhir, dan mereka proaktif dalam mengurus visa belajar. UPT Kerja Sama menyediakan kontak person untuk mahasiswa asing yang ingin mengurus visa belajar serta surat menyurat terkait imigrasi.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Rektor UNITRI, Prof. Ir. Eko Handayanto, M.Sc., P.hd menyarankan mahasiswa asing untuk tidak merasa sungkan dengan kampus tercinta.

“Mahasiswa asing jangan merasa asing di kampus kita” Ungkap beliau.

Seperti disampaikan, UNITRI merupakan kampus kerakyatan yang tidak hanya memiliki mahasiswa dari berbagai daerah di dalam negeri, tetapi juga luar negeri seperti Timor Leste. Tercatat, sebanyak total 46 mahasiswa asing telah terdaftar di UNITRI dan sekitar 16 mahasiswa asing hadir dalam pertemuan tersebut. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita