FISIP UNITRI LAKUKAN PENJAJAKAN KERJASAMA DENGAN BAWASLU KABUPATEN MALANG

MALANG – Guna menunjang akreditasi dan kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menjalin kerjasama dalam bidang Administrasi Publik sebagai tindak lanjut kegiatan magang kerja industri, program MBKM dan Wiradesa. Kerjasama ini dilakukan di tingkat aparatur desa utamanya bersama dengan Bawaslu Kabupaten Malang. Karenanya, Senin (16/01), dilakukan penyerahan buku dan panduan program debat mahasiswa dari Bawaslu dan penjajakan MoU Bawaslu Kabupaten Malang dengan FISIP UNITRI.

Dekan FISIP UNITRI, Dr. Agung Suprojo, S.Kom, MAP menjelaskan, FISIP berupaya memprioritaskan target akreditasi dengan melakukan berbagai kerjasama dengan stakeholder. Sebagai kabupaten terbesar kedua dengan kewilayahan yang luas, Kabupaten malang sangat potensial bekerjasama dengan institusi khususnya UNITRI. Terlebih di UNITRI, FISIP dengan Program studi Administrasi Publik memiliki kompetensi perumusan kebijakan publik, perencanaan pembangunan dan otonomi daerah, serta manajemen pelayanan publik. Dengan menggandeng Bawaslu, mahasiswa tentu akan memiliki media praktek di bidang ilmu komunikasi politik.

“Sasaran utamanya adalah bentuk penyadaran kepada masyarakat untuk tidak apatis terhadap Demokrasi yg dikembangkan di Indonesia. Melalui kegiatan-kegiatan ini rencana dalam jangka pendek bulan Februari yang sedang libur semester akan kita pilih untuk bisa magang di bawaslu. Ini memenuhi capaian MBKM dengan melakukan magang selama 3 bulan yang dilaksanakan sekitar Februari. Jangka panjangnya, setiap kegiatan Bawaslu mahasiswa akan dijadikan pendamping aparatur di tingkat Desa dalam rangka pelaksanaan pengawasan Pilkades dll.”

Kerjasama yang digagas langsung oleh dekan FISIP UNITRI ini, diharapkan dapat dilaksanakan di akhir bulan mengingat skema Bawaslu tersentral pada kewenangan Bawaslu tingkat pusat. Sehingga, dari hasil penjajakan ini, FISIP UNITRI akan melakukan pertemuan lagi dengan Bawaslu Republik Indonesia untuk kegiatan penandatanganan MoU dan Bawaslu Kabupaten Malang untuk kegiatan MoA. Tentunya, inisiasi ini disambut dengan semangat baru di Program Studi Administrasi Publik.

Seperti diketahui, tercatat kerjasama yang sudah dijalin oleh FISIP UNITRI yakni diantaranya bersama dengan KEMENAG Kota Malang dalam ToT Pernikahan Dini yang masuk dalam bidang Humaniora, kemudian kerjasama Bawaslu dalam bidang Politik, serta nanti di bulan Maret akan terselenggarakan kegiatan MoU serentak dengan 8 desa yang siap bekerjasama sebagai desa binaan atau mitra desa sekaligus laboratorium lapangan dari Ilmu Administrasi Publik. FISIP UNITRI juga bekerjasama dengan 3 BUMN yakni BTN, Bulog dan Pablik Gula Kebon Agung. Kemudian, ada 2 institusi pemerintahan yang juga siap digandeng yakni Pemerintah Kabupaten Madiun serta Dispendukcapil Kota Pasuruan yang akan ditingkatkan dengan kerjasama Bupati Pasuruan.

“Fisip mempunyai komitmen, karena sekarang Akreditasi tidak bisa tiba-tiba, tetapi sudah ada rekaman Tahun ke-3 sebelum pelaksanaan. Itu sudah ada rekam jejak perbaikan ke arah perbaikan. Optimistis apa yg dikejar dalam penyelenggaraan Prodi maka kita akan mengawalinya di periode ini, di semester genap periode 2021. Kita harapkan juga bisa adaptif pada kebijakan-kebijakan tentang akreditasi, tapi semangat di bawah untuk menyiapkan perangkat dari penilaian akreditasi akan kita maksimalkan dengan baik dan benar.” Tutupnya (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita