EDUKASI KESEHATAN LINGKUNGAN, KELOMPOK 6 KKN UNITRI LAKUKAN ABDIMAS

MALANG – Mengambil tema ‘Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan lingkungan pada masyarakat desa Torongrejo dalam menghadapi serta mengurangi dampak dan risiko’, Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) ke-39 Malang mengadakan giat program kerja di Desa Torongrejo-Dusun Ngukir pada Senin-Rabu (17-19/01).

Berbagai program kerja kelompok 6 diantaranya yakni penanaman pohon, pembersihan lingkungan, pembuatan papan informasi dan pembagian masker. Ketua Kelompok 6 KKN UNITRI,  Cindy Intha Christie menyampaikan, proker tersebut disiapkan atas rujukan dari keluhan dan kebutuhan yang terjadi di dusun tersebut.

“Kami merujuk pada keluhan dan kebutuhan yang terjadi saat ini di dusun tersebut yakni bagaimana agar masyarakat di lingkungan sekitar peduli pada sampah dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga perlu diadakannya kegiatan gotong royong demi membuat dusun agar tidak terlihat kumuh.”

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak ini juga merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen pendamping lapangan kelompok 6, Farida Kusuma Astuti, S.Pt., MP menegaskan, hasil luaran dari kegiatan yakni agar masyarakat mampu mengolah dan mengembangkan potensial desa yang sudah ada sehingga dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi masyarakat.

“Sedangkan bagi mahasiswa, kkn ini diharapkan dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan bidang ilmu yang diterima di perkuliahan, dan dapat memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan langsung dengan masyarakat yang akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masalah-masalah sosial masyarakat.”

Kegiatan KKN ini diikuti oleh sebanyak 21 mahasiswa yang diketuai oleh Cindy Intha Christie. Turut hadir dalam kegiatan Abdimas yakni tim Dosen diantaranya Farida Kusuma Astuti, S.Pt., MP, Wirawan, S.TP., MMA, A Yusuf Kholil, SP., M.Agr, dan Moh Nurul., S.Pt., M.Si., M.Pt. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita