JADI NARSUM KULTAM DAN BERIKAN BEASISWA, PT WASKITA KARYA SIAP JALIN KERJASAMA MBKM DENGAN FAKULTAS TEKNIK UNITRI

MALANG – Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengaplikasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kerjasama dengan BUMN salah satunya adalah PT. Waskita Karya (Persero). Dalam bidang pendidikan, kegiatan yang diaplikasikan adalah keterlibatan stakeholder dalam rekonstruksi kurikulum serta kegiatan dibidang pendidikan yang lain yaitu kegiatan Magang Industri dan Kuliah Tamu.

Guna menunjang hal tersebut, Pada Kamis (20/01), bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 UNITRI dan live zoom, Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Sustainable Building and Certification Systems “Project Management” dengan menghadirkan Direktur Utama PT. Waskita Karya (Persero), Ir. Destiawan Soewardjono, MBA sebagai pembicara kuliah tamu. Dalam kegiatan tersebut, tak hanya bertugas sebagai narasumber kuliah tamu, kehadiran PT Waskita Karya yakni untuk memberikan beasiswa kepada empat mahasiswa UNITRI dan penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik dengan PT Waskita Karya (Persero).

Adapun empat mahasiswa UNITRI penerima beasiswa PT Waskita Karya (Persero) yaitu 1). Helena loura choriana, (NIM. 2018520100); 2). Hesti Cristianti, (NIM. 2019520164); 3). Maria Fidelia P.B., (NIM. 2018510033); dan 4). Karolina Maret Lorenza, (NIM. 2019510037).

Sementara, untuk kegiatan penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang dengan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk meliputi kesepahaman bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat yang mendukung Implementasi Program Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM) serta kegiatan lainnya sesuai fungsi dan wewenang masing-masing. Dalam kerjasama ini juga diarahkan pada pengembangan program kegiatan berorientasi pada pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Pada program pembinaan dan kerjasama mutual cooperation antara UNITRI dengan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk berupa pelaksanaan kegiatan MBKM seperti Narasumber Kuliah Tamu, Seminar, Magang industri serta perekrutan tenaga kerja berkompeten.

Salah satu kegiatan dibidang pendidikan yaitu Kuliah tamu diadakan rutin setiap semester oleh Fakultas Teknik UNITRI. Pada penyelenggaraan kuliah tamu, narasumber yang diundang merupakan para akademisi, pelaku usaha, pejabat publik dan narasumber lain yang berkaitan dengan keilmuan prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik yakni prodi Teknik Sipil dan prodi Teknik Kimia. Kuliah tamu ini diselenggarakan agar mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih update dan mendalam dari dunia kerja dan perkembangan di dunia kerja.

 Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik UNITRI, Ir. Hesti Poerwanto, M.Sc. Ph.D yang membuka kegiatan kuliah tamu.

“Informasi yang didapat dari kuliah tamu akan sangat membantu pengaplikasian dari ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Selain mendapat informasi terbaru dari dunia kerja, kuliah tamu juga dapat memberikan informasi terbaru dari dunia pendidikan. Hal ini sangat penting, karena tidak semua mahasiswa setelah lulus akan langsung bekerja, tetapi ada mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan dan melakukan riset.”

Adapun topik Sustainable building merujuk pada konsep mengupayakan keberlangsungan energi sumber daya alam yang diterapkan pada sebuah bangunan. Sustainable building design telah menjadi subyek penelitian yang luas. Ilmu yang memanfaatkan pengetahuan tentang sutainable building adalah teknik mekanik, listrik, elektronik, komunikasi, akustik, arsitektur, sipil dan struktural. Yang melibatkan partisipasi pemilik, kontraktor, pemasok, dan pengguna bangunan. Sustainable building berkaitan dengan penghematan energi dan air dan membuat bangunan lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon. Dengan kehadiran Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Ir. Destiawan Soewardjono, MBA, diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep ini mengingat saat ini perlu banyak pelaku teknik yang memahami resiko dan manfaat dari keberadaan konsep ini dalam pembangunan.

“Konsep pembangunan Sustainable Building merupakan konsep dari Arsitektur berkelanjutan atau Sustainable architecture yang juga dikenal Green architecture. Arsitektur yang berusaha untuk meminimalkan dampak negatif lingkungan bangunan dengan efisiensi dan moderasi dalam penggunaan bahan, energi, dan ruang pengembangan dan ekosistem secara luas. Dari penjabaran mengenai Sustainable Building, maka diperlukan juga sebuah proses perencanaan yang matang dan terintegrasi.”

 (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita