DILANTIK SEBAGAI SEKRETARIS JPM BPIP SE-JAWA TIMUR, UNITRI SIAPKAN PROGRAM BERBASIS NILAI PANCASILA

Malang – Tak dapat dipungkiri, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) dengan begitu banyak mahasiswa asal berbagai daerah, dapat disebut sebagai miniatur Indonesia. Dengan menerapkan visi sebagai kampus kerakyatan, UNITRI juga lekat dengan nilai-nilai pancasila yang dibangunnya. Guna terus menanamkan nilai-nilai Pancasila, UNITRI di wakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Dr. Agung Suprojo, S.Kom, MAP mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pelatihan yang dilakukan berkaitan dengan materi penguatan atas rencana dan program menanamkan nilai-nilai Pancasila di masing-masing Kota dan Kabupaten se Jawa Timur.

Seperti diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Unit Jejaring Panca Mandala (JPM) memiliki metode pentahelix dengan membentuk 5 institusi yang dipandang relevan dalam program penanaman nilai-nilai Pancasila tersebut, diantaranya media, akademisi, pemerintah, pelaku usaha dan kemasyarakatan. UNITRI, dalam hal ini terpilih menjadi mitra Jejaring Panca Mandala mengingat peran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pusat Studi dan Pengembangan Wawasan Kebangsaan UNITRI, serta keberadaan mahasiswa UNITRI yang berasal dari bermacam-macam daerah. Dalam konteks kegiatan, UNITRI juga selalu memunculkan karakter Pancasila, termasuk pertimbangan bahwa UNITRI saat ini telah mempunyai mitra Desa Pancasila yang terletak di Dalisodo Jedong, Pujiharjo serta Songgowareng di Lamongan, dan lain sebagainya.

Tak hanya pelatihan selama 4 hari, berlangsung pula pelantikan kepengurusan JPM serentak se-Jawa Timur yang dilakukan langsung oleh Direktorat BPIP dengan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur dan seluruh Kepala Daerah dari Kota dan Kabupaten se-Jawa Timur. UNITRI, melalui Dr Agung Suprojo, S.Kom., M.AP dipercaya menjadi Sekretaris JPM selama dua tahun ke depan.

“Bersyukur, kembali saya atas nama UNITRI dapat menjabat sebagai sekretaris JPM. Dengan adanya pelantikan ini, maka serentak Se-Jawa Timur sudah ada Jejaring Panca Mandala yang tugas dan orientasinya tentu dilakukan pendalaman pada potensi-potensi daerah di Jawa Timur. Sedangkan, sifat dan kinerja Jejaring Panca Mandala ini merupakan bagian dari program yang tersinergi dengan program Bakesbangpol, pada bidang penanaman ideologi, cinta tanah air, bela negara dan pengabdian untuk bangsa ini.”

UNITRI, lanjut Dr. Agung Suprojo, S.Kom, MAP akan melakukan beberapa program berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pancasila diantaranya, Pembinaan kampung pancasila di Tunjungsekar, Program penguatan pasar tradisional Dinoyo melalui sikap gotong royong dengan melibatkan kampus dan masyarakat, hingga program pengenalan mahasiswa baru dan pendampingan supaya keberadaan mahasiswa bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

“Tiga sasaran ini merupakan strategi jangka pendek. Setelah kita dikukuhkan jadi pengurus JPM ini, harus membuat kegiatan yang benar-benar arahnya adalah melahirkan konsep-konsep dimana nilai-nilai Pancasila ini bisa ditanamkan, biarpun itu tidak perlu membawa kata-kata sakral Pancasila, tapi dalam menerapkan kehidupan masyarakat nilai Pancasila dapat kita tanamkan. Ini target berkembangnya JPM ini juga akan menjadi suatu kebanggaan bagi UNITRI karena dengan adanya dosen yang berkecimpung di JPM ini, maka peluang untuk kita mengembangkan program MBKM dalam kontes bela negara kita akan punya kerjasama yang baik dengan Pemerintah.”

Beliau juga menyampaikan bahwa siap menjadi relawan Ideologis.

“Jadi, ibarat nya ini seperti relawan ideologis menurut saya ya, yang masuk ke JPM ini adalah relawan ideologis, dari relawan ini nantinya akan dievaluasi kerjanya, apakah benar sudah menghasilkan masyarakat Malang yang sudah berkurang konflik suku, konflik mahasiswa dan mahasiswa, mahasiswa dan masyarakatnya. Dan hal tersebut terlahir karna JPM melahirkan mental karakter kekeluargaan yang saling mengenal melalui kegiatan bersama. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita