UPT PJI UNITRI GELAR PELATIHAN PENULISAN BUKU REFERENSI

MALANG – Setelah sukses menggelar pelatihan penyusunan buku ajar pada Januari 2021 lalu, UPT Penerbitan dan Jurnal Ilmiah (UPT PJI) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar webinar Pelatihan Penulisan Buku Referensi bagi dosen dan mahasiswa, Sabtu (3/7). Pelatihan yang digelar secara daring tersebut menghadirkan pemateri Epik Finilih, S.Si (Manajer Penerbitan CV Arya Duta Bandung) dan Cakti Indra Gunawan SE., MM., Ph.D (Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang).

Kepala UPT PJI UNITRI, Rona Sari Mahaji Putri, S.KM., M.Kes menyampaikan, kedua pemateri yang dihadirkan merupakan pemateri handal yang sudah diakui dalam penulisan buku referensi. Pemateri pertama, Epik Finilih, S.Si ditunjuk menyampaikan materi berkaitan dengan cara Mengubah Karya Penelitian menjadi buku Referensi, sedangkan Cakti Indra Gunawan SE., MM., Ph.D ditunjuk sebagai pemateri kedua untuk memberikan tips jitu dan anti gagal dalam menulis buku referensi.

“Karena keterbatasan dan kesibukan, dosen yang sudah melakuakn penelitian tidak dapat mengubah hasil tersebut kedalam bentuk buku. Harapan kami semua dosen yang sudah mempunyai bahan dari penelitian dapat menulis buku referensi.”

Webinar yang diikuti kurang lebih 91 peserta tersebut juga diharapkan dapat memberikan energi baru bagi dosen dan mahasiswa untuk rutin menulis dan berkarya. UPT PJI sendiri sudah mempunyai program yang akan direncanakan akan digelar setelah webinar ini berakhir yakni dengan mengadakan hibah bantuan buku bagi seluruh dosen.

“Jadi kami memberikan bantuan melalui pendanaan dari Universitas sehingga dosen yang bisa mengumpulkan draft buku paling lambat tanggal 31 juli 2021 untuk judul buku referensi dan bahan buku ajar akan mendapatkan hibah. Tetapi ada ketentuan berlaku artinya disini hibah ini hanya bagi dosen-dosen yang belum pernah mengajukan karena sementara ini yang mengadakan hibah kebetulan hanya orang yang sama jadi memang harapannya agar semua dapat.” Tutup beliau kepada humas (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita