SOSIALISASI KEPADA MAHASISWA, LPPP UNITRI KENALKAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA

MALANG – Selain sosialisasi Kampus Mengajar Angkatan II, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga memiliki program pertukaran mahasiswa yang diadakan guna membantu mahasiswa agar mampu belajar di luar Universitas dan memperoleh bekal pengalaman yang berbeda.

Sedikit berbeda dengan kampus mengajar, Kepala Sub Bagian Pusat data dan Statistik Internal Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LPPP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, Irawan Setyabudi ST., MT menjelaskan terkait sosialisasi pertukaran mahasiswa yang dilaksanakan secara dari melalui google meet, pada Senin (21/6).

“Jadi kalau kampus mengajar memang ditugaskan untuk mengajar di sekolah jadi beda programnya tapi tetap berjalan bersamaan. Kalau disini, lebih ke kuliah. Mahasiswa bisa mengikuti kuliah di kampus lain. Dalam satu semester hanya boleh mengikuti satu program saja. Pertukaran mahasiswa ini biasanya pada semester ganjil” ungkapnya.

Menurut Irawan, sosialisasi tersebut adalah untuk menjelaskan terkait cara pendaftaran bagi mahasiswa yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021. Kegiatan ini diadakan setiap tahun dari Permata Sakti hingga sekarang MBKM dan terus melakukan penyempurnaan. Apalagi mengingat tahun sebelumnya dilakukan secara full daring maka tahun ini harus turun langsung dikampus tujuan. Selain mendapatkan pengalaman dan ilmu, pertukaran mahasiswa tersebut diharapkan mampu berbaur dengan budaya lain.

Disamping itu, dengan mengikuti pertukaran mahasiswa, mahasiswa juga di fasilitasi 20 SKS, dengan 2 skema yakni bebas memilih mata kuliah dikampus lain sesuai kurikulum saat ini dan mata kuliah wajib karena akan berhubungan dengan konversi mata kuliah di akhir. Untuk pelaksanaannya akan mengikuti kuliah aktif.

Dengan adanya kegiatan MBKM ini, diharapkan agar disetiap program studi mempunyai perwakilan karena yang didapatkan selain ilmu, juga mendapatkan nilai dari perbedaan budaya untuk membangun rasa kebhinekaan dan bisa lebih banyak lagi yang ikut dan lancar. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita