PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNITRI RAIH AKREDITASI BAIK

Malang- Salah satu Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Tribhuwana Tungga Dewi (UNITRI) Malang yaitu Prodi Pendidikan Matematika menjalani proses asesmen lapangan secara daring. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tersebut sebagai bagian dari proses akreditasi program studi guna mengukur mutu pendidikan sebuah program studi sesuai kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Rabu (06/10) lalu, BAN-PT resmi mengeluarkan Sertifikat Akreditasi Baik yang berlaku sejak 6 Oktober 2021-6 Oktober 2026.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNITRI, Dr. Muhamad Rifai, MM, mengaku sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Pencapaian ini merupakan hal yang sangat luar biasa, karena di usianya yang masih baru, Prodi Pendidikan Matematika telah berhasil mendapatkan predikat tersebut.

“Ini kan prodi baru jadi memang di dalam SK perijinan itu adalah setelah 2 tahun kita harus mengurus akreditasi meskipun kita belum meluluskan tapi sudah harus terakreditasi. Meskipun ada beberapa kendala di awal pengurusan, tapi syukur tahapan dan proses itu telah terlewati dan kita sudah bisa melihat hasil.” Ungkapnya.

Menurut Rifai, saat ini memang prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggunakan kriteria Sembilan. Hal tersebut cukup dirasakan sulit,

“Kita memang sedikit kesulitan disitu jadi kita yang pertama kali menggunakan kriteria 9. Di UNITRI sendiri belum ada dan kita prodi baru dan harus mengerjakan 2 hari secara bersamaan. Itu menjadi kesulitan tersendiri bagi kami ketika proses” ujarnya.

Disamping itu, saat ditanya rencana lanjutan Fakultas, Beliau mengatakan bahwa saat ini mereka tengah menunggu akreditasi dari prodi PGSD sehingga itu menjadi PR Bersama,

“Setelah proses akreditasi Prodi Pendidikan Matematika, jadi kita punya PR lagi yang belum selesai yaitu adalah akreditasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang kemarin pengajuan usulan akreditasinya bersamaan tapi memang jadwal dari BAN-PT kan kita tidak bisa menentukan. Kita tunggu saja jadwalnya dari BAN-PT.” tambahnya.

Beliau pun berharap agar seluruh Program Studi di Fakultas Ilmu Pendidikan yang saat ini dikelola dapat segera mendapatkan akreditasinya. Selanjutnya, yakni bagaimana meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga nantinya di akreditasi berikutnya dapat tercapai. Beliau juga berpesan kepada seluruh dosen dan staff agar tetap semangat untuk menjalankan proses kegiatan kelembagaan ini dan menjadi yang terbaik kedepannya. (Humas)

Leave a Reply

Arsip Berita