PERSIAPKAN TENAGA KESEHATAN YANG PROFESIONAL DAN BERKUALITAS FIKES UNITRI LAKSANAKAN ANGKAT SUMPAH PROFESI

TINGKATKAN PROFESIONALISME, NERS UNITRI ANGKAT SUMPAH PROFESI
MALANG –Sebagai sumber nilai moral dalam praktik keperawatan yang dilaksanakan oleh setiap perawat yang telah lulus pendidikan keperawatan dan siap melakukan praktek keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan Angkat Sumpah Profesi Ners 2024. Berlangsung di Gor UNITRI, sebanyak 26 mahasiswa mengambil sumpah di hadapan Wakil Rektor I, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Jawa Timur, dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kota Malang serta tamu undangan pada Sabtu (18/05).

Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners UNITRI, Rachmat Chusnul Choiron, S. Kep., Ns., M. Kep mengatakan, mahasiswa Pendidikan Profesi Ners UNITRI Malang yang mengikuti uji kompetensi nasional first taker ini rata-rata 95% dinyatakan kompeten dengan jumlah peserta yang mengikuti sumpah diantaranya 26 mahasiswa.

Rachmat Chusnul Choiron, S. Kep., Ns., M. Kep juga memberikan kabar perkembangan FIKES UNITRI dengan menambah program kursus Bahasa Inggris,

“Akhir-akhir ini kita tambah lagi program, setelah UKOM akan ada kursus Bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasanya. Harapannya ketika nanti sudah lulus mereka bisa berkarir lebih baik lagi luar sana karena banyak permintaan dari luar negeri seperti Jepang dan Arab Saudi. Kita siasati dengan kursus bahasa Inggris karena memang itu syaratnya kemampuan bahasa dan beberapa mahasiswa itu mau cuma kendala di bahasa” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Dekan FIKES, Arie Jefri Ka’arayeno, S.Kep., Ns., Kep., Sp., Kep., MB berharap lulusan ners UNITRI bisa memaksimalkan potensi yang ada yaitu terapi komplementer seperti yang telah di ajarkan selama pendidikan terkait pelayanan primer,

“Kepada lulusan semoga kalian nanti bisa memaksimalkan potensi yang ada yaitu sumber daya alam seperti terapi komplementer atau pengobatan herbal guna menunjang kesehatan masyarakat. Seperti yang sudah diajarkan terkait pelayanan primer. Harapannya juga kalian bisa menjadi pionir yang bisa membesarkan UNITRI dan FIKES kedepannya. Dan melalui angkat sumpah itu mereka bisa menjadi satu insan pemberi layanan kesehatan profesional” tutupnya.

Dengan dilantiknya peserta hari ini, total jumlah ners yang dihasilkan oleh FIKES UNITRI sejauh ini mencapai 719 ners yang telah mengabdi di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara itu, Wakil Rektor I UNITRI, Prof. Dr. Ir. Widowati, MP melantik langsung para peserta. Dilanjutkan dengan Pengambilan sumpah ners dipimpin langsung oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur, Prof Dr Nursalam, M. Nurs (Hons) disaksikan oleh Rektor dan didampingi oleh rohaniawan.

Dihadapan seluruh peserta, Prof Dr Nursalam, M. Nurs (Hons) juga mengucapkan selamat kepada para peserta dan jajaran atas pencapaian ini. Kelulusan ini menjadi kontribusi yang besar bagi PPNI di organisasi profesi dan beliau yakin alumni UNITRI saat ini telah bekerja di berbagai daerah, tempat dan area. Selain Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Jawa Timur, turut hadir Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kota Malang dan tamu undangan dari Dekan hingga jajaran kepala UPT di UNITRI. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita