Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, yang disingkat UNITRI, merupakan Perguruan Tinggi publik yang beralamat di Jalan Telaga Warna, Tlogomas, Malang dan dibawah pengelolaan Yayasan Bina Patria Nusantara.

Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional, berkualitas serta berorientasi kerakyatan dengan bertanggung jawab atas penerapan, pengembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang berdiri dan mulai operasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor. 113/D/O/ 2001 tanggal 2 Agustus 2001. Hal ini berarti, pada hari ini tepat 15 tahun masa operasional Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Perjalanan panjang Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) dimulai dengan pendiriannya yang dilakukan dalam 2 (dua) tahap. Pendirian tahap pertama pada tanggal 14 Desember 1987, sedangkan pendirian tahap kedua dilakukan pada tahun 2001.

Pada tahun 1988 UNITRI mulai melakukan kegiatan persiapan pelaksanaan pendidikan di Jalan Besar Ijen 90-92 Malang. Selama kurun Waktu 1988-1989, Kegiatan UNITRI mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak pendidikan tinggi tanpa menerima mahasiswa baru sambil menunggu ijin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Perjalanan panjang tersebut, dimotori oleh para pendiri yang berperan dalam pendirian UNITRI melalui Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara Malang, terdiri dari :

 

Soelaiman Sastrohamidjojo, BSc. (Alm)
Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno
Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo
Prof. Dr. Ir.Sri Kumalaningsih, M.App.Sc.
Dr.Ir. Suntoyo Yitnosumarto (Alm)
Ir. H. Soemarjo
Ir. Abdul Karim (Alm)- mantan Kanwil Deperindag Jatim
Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc.
dr. H. Faruk Bakrie (Alm)
Prof. Ir. Baskoro Winarno (Alm)
Kol. dr. Tom Uripan (Alm)- mantan Walikota Malang
Brigjen (Purn). Pitut Suharto (Alm)
Prof.Dr.Ir. Loekito Adi Soehono, M.Agr.

SK Mendikbud No.056/0/1990 tanggal 05 Januari 1990, menjadi tahap awal menuju operasional UNITRI, dengan diperolehnya izin penyelenggaraan Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Tribhuwana dengan Status Terdaftar oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, untuk program studi Agribisnis, Arsitektur Pertamanan, Teknologi Industri Pertanian dan Produksi Temak.

Pada tahun 1995, Program Studi Agribisnis dan Produksi Ternak memperoleh status Diakui atas dasar SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun yang sama, Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Tribhuwana yang juga didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara, memperoleh ijin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Status Terdaftar untuk Program Studi Manajemen dan Akuntansi.

Sejak 1990 sampai dengan 1997, kegiatan proses belajar-mengajar di STIPER dan STIE Tribhuwana berlangsung di kampus Jalan Besar Ijen 90-92 Malang, yang disewa dari Badan Pendidikan dan Koperasi Majapahit, Propinsi Jawa Timur. Berkat upaya keras Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara, sejak Bulan Agustus 1997 STIPER dan STIE Tribhuwana menempati kampus milik sendiri di Jalan Telaga Warna Blok C, Tlogomas Malang, yang diresmikan penggunaannya pada tanggal 13 September 1997 oleh Gubernur Jawa Timur, H.M Basofi Sudirman.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 113/D/O/2001 tanggal 2 Agustus 2001, STIPER Tribhuwana dan STIE Tribhuwana dikembangkan menjadi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI)  dengan 3 Fakultas bidang Ilmu Eksakta yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, dan 2 Fakultas bidang Ilmu Sosial yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 13 Program Studi, terdiri dari 12 program studi Sarjana (S-1) dan 1 program Diploma III (D-III) Akuntansi. Di dalam perjalanannya, karena tidak bisa berkembang dengan baik beberapa  program studi tidak diaktifkan.

Pengembangan lebih lanjut, UNITRI memperoleh Ijin dari Dirjen Dikti Depdiknas untuk menyelenggarakan Program Magister Manajemen Agribisnis (pada tahun 2002), Program D-IV Bidan Pendidik, Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) dan Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) pada tahun 2005; disusul Program Magister Administrasi Publik pada tahun 2008.

Di dalam perjalanannya, karena tidak bisa berkembang dengan baik maka program studi Ilmu Administrasi Niaga dan program D-III Akuntansi tidak diaktifkan.

Pada tanggal 30 November 2011 berdasarkan SK dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, nomor: AHU-8032.AH.01.04. tahun 2011 tentang Pengesahan Yayasan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, maka yayasan yang menaungi Universitas  Tribhuwana Tungadewi memperoleh Pengesahan Akta Pendirian dengan nama Yayasan Bina Patria Nusantara Malang, sesuai Akta Nomor 32 tanggal 20 Juli 2011.

Berbagai penghargaan dari Kopertis Wilayah VII juga berhasil diterima oleh UNITRI, yaitu :

  1. Pada tahun 2011, UNITRI mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi berprestasi di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Kelompok Universitas)
  2. Pada tahun 2012, UNITRI mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi berprestasi Kelembagaan dan Tata Kelola, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Kemahasiswaan
  3. Pada tahun 2014, UNITRI mendapat Penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang Berprestasi pada Empat Bidang Penilaian, yaitu Bidang Tatakelola Kelembagaan dan Kerjasama, Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Sampai dengan TA. 2015/2016 seluruh program studi di lingkungan UNITRI telah Terakreditasi. Hasil akreditasi ulang program studi di lingkungan UNITRI cukup menggembirakan, sebanyak 87% dari keseluruhan program studi di lingkungan UNITRI sudah terakreditasi A dan B serta pada tahun 2015 UNITRI secara institusi telah terakreditasi dengan nilai C. Pada tahun 2016, UNITRI berada pada peringkat 433 dalam peringkat Perguruan Tinggi se-Indonesia yang dirilis oleh Dirjen DIKTI Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. UNITRI dengan motto : “Pendidikan Untuk Semua”, berusaha senantiasa mengembangkan Pendidikan Tinggi di Inonesia dengan mengemban visi :

“Menjadi universitas kerakyatan yang berkompeten dan berkualitas”

dan misi :

  1. Menyelengarakan pendidikan tinggi yang terbuka luas bagi seluruh rakyat tanpa memandang kelas sosial ekonomi, suku, agama, ras dan golongan.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkompeten, berkualitas, berdaya saing dan mandiri.
  3. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan dan penyebarluasan ilmu penge-tahuan, teknologi, humaniora serta seni berbasis potensi, kearifan nilai dan budaya nusantara guna meningkatkan taraf kehidupan
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan profesional berorientasi pada pengembangan konsep pemecahan masalah masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang berkelanjutan
  5. Mengembangkan institusi pendidikan tinggi yang dinamis dan adaptif terhadap tun-tutan standar kualitas publik
Leave a reply