PERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL, PGSD UNITRI BUAT AKSI NYATA SILAHRASA UNTUK ANAK BANGSA

MALANG – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar, terutama dalam hal meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekitar kampus. Dalam menjalankan misi mulia ini, mahasiswa PGSD Unitri sepakat untuk meluncurkan sebuah program donasi buku perpustakaan. Pentingnya membaca dan pengetahuan dalam kehidupan setiap individu terutama anak-anak di Usia Sekolah dasar, menjadi motivasi kegiatan ini diselenggarakan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNITRI, Dr Firsta Bagus Sugiharto, S.Pd., M.Pd.

“Dengan memiliki akses ke perpustakaan yang memadai, anak-anak dapat mengembangkan minat baca dan keterampilan literasi yang esensial.”

Kegiatan ini dimulai dengan membentuk tim kerja yang terdiri dari beberapa anggota dengan tugas-tugas yang terbagi. Mereka mulai mengumpulkan donasi buku dari berbagai sumber, baik dari dosen, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang tertarik untuk berkontribusi. Tim kerja ini juga melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membeli buku-buku baru yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan.

Tidak hanya itu, mahasiswa PGSD Unitri juga aktif berkomunikasi dengan pihak sekolah-sekolah di sekitar kampus untuk mengetahui kebutuhan perpustakaan mereka. Dalam kolaborasi yang erat, mereka mengumpulkan data tentang jenis buku yang dibutuhkan oleh setiap sekolah dan mendapatkan informasi tentang jumlah siswa yang akan diuntungkan dari program donasi ini.

“Setelah beberapa bulan berlalu, hasil kerja keras mahasiswa PGSD Unitri mulai terlihat. Perpustakaan yang sebelumnya minim koleksi buku sekarang mulai terisi dengan beragam judul buku yang bermanfaat. Ada buku cerita anak, buku pengetahuan umum, buku referensi, dan berbagai jenis buku lainnya yang siap memikat minat para pembaca muda.”

Mahasiswa PGSD Unitri juga mengunjungi sekolah-sekolah yang telah menjadi mitra dalam program donasi buku perpustakaan mereka. Dalam acara seremonial yang khidmat, buku-buku diserahkan secara simbolis kepada kepala sekolah, guru, dan siswa. Semangat dan antusiasme memancar dari wajah-wajah anak-anak yang tak sabar untuk mulai membaca dan mengeksplorasi dunia melalui buku-buku yang baru mereka dapatkan.

Program donasi buku perpustakaan yang digagas oleh mahasiswa PGSD Unitri ini tidak hanya meningkatkan akses literasi bagi anak-anak, tetapi juga mendorong perkembangan budaya literasi di masyarakat sekitar. Mereka percaya bahwa dengan meningkatnya minat baca dan pengetahuan. (HUMAS)

Leave a Reply

CAPTCHA ImageChange Image

Arsip Berita