Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni 1945, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang berinisatif menggelar aksi Ikrar Pancasila di halaman UPMB UNITRI, Sabtu (2/6). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, seluruh Ormawa, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Mahasiswa UNITRI.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Marianus Rawa Tamba menyampaikan, acara ini bertujuan untuk menggerakkan kembali semangat mahasiswa serta menyatukan kembali nilai-nilai Pancasila di tengah kehebohan berita mengenai paham radikal dan aksi terorisme.

“Pancasila adalah dasar ideologi bangsa Indonesia yang harus dijaga oleh siapapun. Sebagai mahasiswa, kita perlu untuk merasa bangga terhadap Pancasila.”

Adapun poin deklarasi yang disampaikan diantaranya mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme, menolak berkembangnya paham faham radikal khususnya di kota Malang, siap mendukung TNI Polri dalam Penanggulangan radikalisme dan pencegahan aksi terorisme, siap melaksanakan pilkada walikota dan gubernur dengan aman dan damai, serta siap mempertahankan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain membacakan deklarasi damai mahasiswa UNITRI Malang, seluruh peserta juga ikut berorasi tentang Pancasila dan keanekaragaman Bhineka Tunggal Ika.  (HUMAS)

Leave a reply