Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) sukses menggelar seminar nasional bertema “Etika Media” pada Selasa, (8/5) di GOR UNITRI Malang. Adapun pemateri yang didatangkan diantaranya Guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Dr Soetomo Surabaya, Prof Dr Sam Abede Pareno, MM. MH, Majelis Etik Nasional AJI Indonesia & Pimred Kediripedia.com, Dwidjo U. Maksum,  SS dan Ketua PWI Malang Raya, M Ariful Huda, M. Pd.

Dalam seminar tersebut, Prof Dr Sam Abede Pareno, MM. MH, banyak menjelaskan tentang dilematika Independen jurnalis di era digital yang banyak berkurang karena adanya kapitalisasi media oleh pihak pemilik media. Guru besar yang juga telah lama menjadi jurnalis tersebut. Ia juga mengungkapkan kekecewaannya pada dunia pers yang dinilai tidak lagi objektif hingga akhirnya Ia memilih menggeluti dunia Pendidikan agar dapat tetap berhubungan dengan dunia jurnalistik.

“Zaman seperti ini sulit menjadi pers yang idealisme, karena dilema dan kebimbangannya dalam menegakkan idealisme. Banyak kelompok kepentingan dan banyak pers bekerja sesuai dengan dana yang dikeluarkan oleh narasumber dan pemilik media”, jelasnya.

Sementara Majelis Etik Nasional AJI Indonesia & Pimred Kediripedia.com, Dwidjo U. Maksum,  SS menjelaskan terkait kode etik jurnalis dan peran serta jurnalis dewasa ini.  Ia juga menghimbau kepada publik untuk melawan berita hoax dengan membentengi diri dengan melakukan hal-hal positif di media sosial.

“sebagai cara melawan hoax, kita harus dapat menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif.” Ujarnya menambahkan.

Sedangkan ketua PWI Malang, M Ariful juga menjelaskan secara detail terkait studi kasus dan pengalaman wartawan dan pemberitaan dalam media.

Acara yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB tersebut menyedot banyak antusias mahasiswa terutama mahasiswa komunikasi karena topik seminar sangat relevan di angkat di tengah maraknya pemberitaan media menjelang pemilihan daerah maupun situasi politik yang terjadi pada saat ini.

Seperti diketahui, acara seminar ini di buka oleh wakil dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Akhirul Aminullah,S.Sos., M. Si dan mengundang beberapa undangan diantaranya presiden Mahasiswa UNITRI, ketua HMJ UNITRI, perwakilan ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI)  cabang malang, dan seluruh dosen Ilmu Komunikasi UNITRI. (HUMAS)

Leave a reply