LOMBA LOGO BRANDING

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”12570″ img_size=”large” alignment=”center”][vc_btn title=”DAFTAR SEKARANG” color=”blue” align=”center” i_icon_fontawesome=”fa fa-pencil-square-o” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Fbit.ly%2Flombabrandingunitri|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

TOR LOMBA LOGO BRANDING

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI (UNITRI) MALANG

Tema Lomba : “Universitas Kerakyatan”

 

Latar Belakang

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang merupakan Universitas kerakyatan yang berkualitas dan berkompeten dengan semangat terus maju dan berkembang di era persaingan global seperti saat ini. Persaingan antar perguruan tinggi untuk menjadi perguruan tinggi terbaik dalam hal keunggulannya tidak dapat diindahkan. Oleh karena itu, UNITRI terus bersiap dengan terus mengembangkan ilmu pengetahuan, sumber daya manusia, hingga teknologi agar dapat menjadi kampus yang siap memberikan Pendidikan untuk semua kalangan di seluruh Indonesia.

Atas dasar pemikiran tersebut, UNITRI berharap dapat terus mengembangkan sayap dan mengeksplorasi berbagai gagasan inovatif dari seluruh sivitas akademika dalam bentuk persamaan persepsi, cita-cita dan harapan yang diwujudkan dapat karya desain logo branding ‘Universitas Kerakyatan’ yang sesuai dengan cita-cita dan nilai dari para pendiri. Logo ini juga akan digunakan guna mempromosikan dan memasarkan UNITRI sebagai ‘Universitas Kerakyatan’ di masa yang akan datang.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text]Tujuan

Menghasilkan identitas visual berbentuk logo branding Universitas Kerakyatan UNITRI sesuai visi yang mencerminkan ciri-ciri, potensi dan keunggulan UNITRI MALANG.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_column_text]Tema Lomba

“Universitas Kerakyatan”

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_separator border_width=”2″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text]Peserta Lomba

  • Mahasiswa aktif UNITRI MALANG
  • Dosen dan Tenaga Kependidikan UNITRI MALANG

(Juri dan panitia tidak diperkenankan mengikuti lomba).[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_column_text]Syarat Peserta

  • Perorangan / Kelompok Dosen / Mahasiswa / Karyawan UNITRI MALANG
  • Menyertakan Fotokopi Identitas Diri (KTP / KTM / lainnya)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_separator border_width=”2″][vc_column_text]Kriteria Lomba

Kriteria Logo Branding

  • Kriteria isi: mencerminkan nilai kerakyatan sesuai dengan makna yang terdiri atas nilai: penguatan karakter kearifan lokal (local wisdom characteristic), pemberdayaan sumberdaya lokal (local resources), pemberdayaan kemandirian ekonomi, pengembangan teknologi terapan yang praktis dan murah, dan berorientasi kesejahteraan Bersama;
  • Kriteria simbol/gambar: menarik, unik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diingat
  • Kriteria kata-kata: menarik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diucapkan, dan mudah diingat.
  • Kriteria bentuk: unik, menunjukkan ciri khas UNITRI MALANG, mengikuti kaidah/prinsip-prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, dan dominasi).
  • Kriteria warna: memiliki komposisi yang seimbang dan serasi memiliki fleksibitas untuk diaplikasikan ke berbagai media.

Kriteria Penilaian

  • Orisinalitas karya,
  • Relevansi logo branding dengan tema,
  • Kreatifitas dan estetika
  • Deskripsi/penjelasan dari logo branding (latar belakang logo branding, makna dan falsafah logo branding),
  • Kekuatan daya tarik desain logo branding.

Pelaksanaan Lomba Logo Branding

Tahapan

  • Tanggal Pelaksanaan : 11 Januari 2021
  • Batas Akhir Pendaftaran : 14 Februari 2021
  • Presentasi 5 (lima besar) di hadapan dewan juri secara daring : 20 Februari 2021
  • Pengumuman Pemenang : 22 Februari 2021
  • Penyerahan hadiah : 27 Februari 2021

Syarat dan Ketentuan

  • Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu desain logo branding beserta penjelasan desain dengan format.pdf lengkap
  • Peserta wajib melampirkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6000 yang menjelaskan bahwa desain logo branding yang diceritakan adalah karya sendiri yang belum pernah dilombakan sebelumnya dan menguploadnya kembali pada link yang telah disiapkan. Surat pernyataan dapat di unduh di sini : ORISINALITAS KARYA
  • Melampirkan fotocopy identitas diri berupa nama lengkap, alamat, pekerjaan, nomor telepon atau handphone, email, dan fotocopy KTP, KTM, atau identitas lainnya.
  • Peserta dapat mendaftarkan diri melalui link: http://bit.ly/lombabrandingunitri dan mengirimkan file karya melalui email: [email protected]
  • Setiap desain logo branding yang telah dikumpulkan menjadi milik panitia penyelenggara
  • Panitia berhak melakukan penyempurnaan antara desain logo branding yang terpilih sebagai pemenang

Pengiriman Karya Nominasi Melalui E-Mail

  • Peserta wajib mengirimkan e-mail karya melalui e-mail [email protected] dalam bentuk .zip
  • Dalam file .zip yang dikirim berisi:
  1. Folder Logo : Corel Draw / Macromedia Freehand / Adobe Illustrator dalam format CMYK;
  2. Folder Presentasi : JPEG 300 dpi / high quality;
  3. Folder Konsep Logo : Ms Word; Konsep logo diketik di kertas A4, huruf Tahoma 11 dengan jarak spasi 1,5.
  4. Scan surat pernyataan karya asli (format surat terlampir) ditandatangani di atas meterai Rp.6000,- (enam ribu rupiah).
  5. Scan Fotokopi KTP, KTM, atau identitas lainnya
  • 5 (lima) nominator yang mempresentasikan logo branding adalah orang / kelompok yang tertera di KTP, jika tidak bisa tampil, maka nominator pemenang tersebut dianggap gugur;
  • Dokumen softcopy ditujukan di email [email protected] dengan Subject:

KaryaPesertaLomba Branding UNITRI_(Nama Peserta)_(Jabatan)

 

Sistem Seleksi dan Penjurian Lomba

  • Lomba tidak dipungut biaya atau Free untuk seluruh sivitas akademika UNITRI.
  • Seluruh teknis perlombaan akan dilakukan secara online dan dapat diakses melalui website resmi UNITRI: unitri.ac.id
  • Sistem seleksi dan penjurian lomba desain logo branding dilakukan secara bertingkat, seleksi awal adalah seleksi teknis administrasi dilakukan oleh panitia.
  • Seleksi kedua dilakukan oleh dewan juri untuk mencari 5 (lima) desain logo branding terbaik
  • Presentasi 5 (lima) desain logo branding terbaik dihadapan juri dan stake holder kemudian dilakukan seleksi akhir oleh dewan juri untuk mencari satu pemenang.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Hadiah Lomba

Pemenang akan mendapatkan hadiah Uang Rp. 1.500.000., + Piagam Penghargaan[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Contoh Brand Identitas: Logo Kampus UNITRI

[/vc_column_text][vc_single_image image=”6934″ img_size=”medium” alignment=”center”][vc_column_text]Bentuk Lambang segi lima dengan pola daun teratai, bagaikan dalam tersusun atas 17 kelopak daun teratai gambar dalam arca Tribhuwana Tunggadewi dalam lingkaran teks UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI – MALANG Arca Tribhuwana Tunggadewi sebagai penjelmaan Wysnu dengan empat tangan, sebuah bentuk penjelmaan yang dalam mitologi jawa kuno dan mitologi hindu, berarti pemeliharaan. Sepasang tangan membentuk sikap sempurna dan sepasang lagi masing-masing memegang Cakra dan Bunga Teratai. Pada area ini di gambarkan Ratu Tribhuwana Tunggadewi duduk di atas bunga teratai. Makna lambang secara keseluruhan menggambarkan corak dan watak Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

  • Warna lingkaran kuning emas, sebagai gambaran kepeloporan Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
  • Warna dasar biru, sebagai lambang ketenangan dan kedamaian yang menjadi cita-cita.
  • Cakra adalah lambang kebenaran menyatakan yang benar dan sikap meratakan segala sesuatu yang kurang benar.
  • Bunga teratai adalah lambang keindahan yang muncul dari sebuah keadaan yang kurang menyenangkan.
  • Bentuk segilima merupakan perwujudan menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar negara.
  • Bentuk 17 kelopak daun teratai sebagai lambang penghargaan pada nilai dan cita-cita kemerdekaan yang di proklamasika pada 17 Agustus 1945.
  • Figur Ratu Tribhuwana Tunggadewi yang duduk diatas daun teratai dengan sikap sempurna, merupakan lambang dari sebuah perjuangan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dari suatu masa yang sulit, dengan pemikiran yang arif dan bijak, pada keadaan yang tidak menyenangkan.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]