Dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa terhadap penelitian dan tulisan, Ketua Program Studi Teknik Kimia, S.P Abrina Anggraini ST., MT., himbau mahasiswa aktif mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa  (PKM). Hal tersebut dikarenakan sumber daya mahasiswa teknik sebenarnya dapat bersaing secara keilmuan dengan mahasiswa universitas lainnya. Sebagai contoh, mahasiswa teknik kimia telah dibekali dengan praktikum penguasaan dan pemanfaatan bahan alam terbarukan seperti bioenergi, minyak atsiri, fitofarmaka, dan membrane organik. Tetapi untuk menulis, mahasiswa teknik kimia masih cukup pemalu untuk memulainya.

“sebenarnya mahasiswa kita telah banyak mendapat bahan materi kuliah yang dapat digunakan sebagai tema dalam sebuah penelitian. Tapi kadang mereka masih malu untuk menyampaikan hal tersebut dalam bentuk proposal penelitian. Makanya saya sangat ingin sekali mahasiswa bisa aktif menulis dan meneliti lewat program seperti PKM” Ujar dosen teknik yang sehari-hari dipanggil ibu Rina tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, KPS bekerjasama dengan Himpunan Program Studi teknik Kimia (HIMATEKIM) dan BKKMTKI berusaha membuat program kerja seperti pelatihan dasar bagi mahasiswa Tekim, Seminar baik Regional maupun Nasional agar dapat meningkatkan keilmuan mahasiswa, hingga kuliah tamu dengan berbagai narasumber. Seperti diketahui, di tahun 2012, seorang mahasiswa teknik kimia juga telah berhasil meraih juara dalam PKM tingkat Nasional. KPS berharap mahasiswa tahun ini dapat meraih kesuksesan yang sama dan dapat mengharumkan nama fakultas dan jurusan Teknik Kimia. (Nil/Hum)

Leave a reply