HIMAKOM GELAR GEBYAR PANGGUNG JURNALISTIK, 2 HARI MAHASISWA DIBEKALI ILMU MENULIS SAMPAI TERBIT

MALANG – Dukung mahasiswa Ilmu Komunikasi berkarya sejak bangku kuliah, Himpunan Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan ‘Gebyar Panggung Jurnalistik’, Jumat-Sabtu (21-22/01). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan materi, outline artikel, cerpen, penulisan, penyuntingan sekaligus finishing touch kepada mahasiswa agar karya tulisannya dapat dimuat di media.

Hal ini disampaikan oleh Ketua HIMAKOM UNITRI, Frederikus Bintang Hayati.

“Kegiatan ini merupakan program kerja dari HIMAKOM yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada teman-teman. Karena bagaimanapun, output dari pelatihan menulis adalah ikut lomba dan memiliki karya, kami berharap teman-teman dapat memanfaatkan pemateri hari ini untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya untuk berkarya baik dibidang lomba maupun memiliki karya buku dan lain sebagainya.”

Bekerjasama dengan media online Portalmalang.com dan Indotribun.id, peserta hari ini yang mengikuti kegiatan akan mendapatkan kesempatan untuk diterbitkan karyanya. Tentunya, kegiatan semacam ini mendapatkan angin segar dari seluruh sivitas akademika, tak terkecuali Dekan dan Wakil Dekan FISIP UNITRI.

Saat membuka acara, Wakil Dekan FISIP UNITRI, Herru Prasetyo Widodo, SAP., M.Si mendukung seluruh mahasiswa untuk dapat berkarya seluas mungkin mengingat saat ini banyak persaingan di luar sana.

“ini sangat penting untuk anak-anak komunikasi apalagi di luar sana banyak sekali persaingan yang sudah dirasakan mahasiswa ilmu komunikasi. Saya berharap mereka dapat memiliki karya yang bermanfaat dan dengan adanya kegiatan ini harusnya dapat membantu mereka untuk dapat membuka pikiran, menambah literasi, banyak membaca, dan masih banyak lainnya.”

Sementara itu, dalam kunjungannya, Dekan FISIP UNITRI, Dr Agung Suprojo, S.Kom., MAP menyebutkan bahwa meski ditengah banyaknya media sosial yang berjamur, media jurnalistik masih menarik untuk disajikan dalam bentuk cetakan majalah maupun bulettin. FISIP berupaya untuk menginisiasi sajian rangkaian berita giat kampus dalam bentuk buletin kampus yang direncanakan akan dicetak oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi setiap 3 bulan sekali.

“Semoga inisiasi untuk eksistensi buletin kampus bisa disambut oleh civitas. Edisi cetakan akan diproduksi lab. Ilmu komunikasi tiap 3 bulan.”

Seperti diketahui, kegiatan gebyar panggung jurnalistik akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada Jumat (21/01) dengan topik penulisan artikel dna cerita pendek dan Sabtu (22/01) dengan topik gebyar panggung bebas. Selama kegiatan di hari pertama, mahasiswa akan mengikuti workshop penulisan, diskusi terbuka dan sesi menulis dengan melakukan praktik langsung menulis artikel dan cerita pendek setelah mengikuti materi penulisan. Peserta juga akan didampingi oleh mentor-mentor yang sudah berpengalaman dalam dunia menulis. Setelah melakukan dan mengikuti mentoring penulisan, karya akan dipublikasikan di portalmalang.com dan indotribun.id. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita