Universitas Tribhuwana Tunggadewi adakan sosialisasi peraturan perundang-undangan keimigrasian yang bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Malang Raya pada tanggal 8 Oktober 2017. Peserta sosialisasi adalah mahasiswa asing dan perwakilan lembaga pendidikan dengan tujuan dapat memberikan pemahaman tentang peraturan dan ketentuan-ketentuan keimigrasian.

Acara dibuka secara resmi dan dilangsungkan dengan pemaparan-pemaparan terkait peraturan perundang-undangan keimigrasian. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka mendekatkan diri antara pihak lembaga pendidikan tinggi dengan dinas keimigrasian sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian dalam wilayah Kota Adminsitratif Malang Raya.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai wadah bagi mahasiswa Timor Leste yang sering terlambat memperpanjang visa maupun paspor, bukan karena teknis akan tetapi karena mahasiswa kerap lengah. Untuk mengatasi hal itu, maka kita pihak universitas menyelanggarakan sosialasai ini dan langsung kita datangkan dari Kantor Imigrasi Kelas I. Tujuannya adalah supaya tidak hanya pihak keimigirasian, namun pihak universitas juga siap menjebatani untuk kelancaran proses administrasi, terang Dr. Totok sasongko, MM.

Kepala Kantor mengharapkan kepada para peserta dapat memahami kedudukan lembaga atau instansi Imigrasi dalam struktur pemerintahan saat ini, serta tugas dan fungsi keimigrasian yang antara lain adalah sebagai fungsi pelayanan.

“Selama ini masih ada mahasiswa yang macam-macam perilakunya, masih banyak juga yang bandel-bandel sehingga masih banyak yang sering terlambat mengurus paspor. Mereka harus memahami kedudukan lembaga Imigrasi dan memahami peraturan sehingga dapat membantu mereka dalam proses belajar, mereka lebih konsentrasi dan fokus sehingga cita-citanya tercapai, ungkap Novianto Sulastono.

Usai pemaparan materi peraturan perundang-undangan keimigrasian acara sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dipenghujung acara ditutup dengan photo bersama dari pihak universitas dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I. (Tm/Hum)

 

Leave a reply