GELAR WISUDA PERIODE III TAHUN 2021, PERDANA UNITRI LULUSKAN MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN

MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) kembali menyelenggaran wisuda ke-37 yang diselenggarakan Sabtu, 30 Oktober 2021 Sebanyak 640 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa program sarjana, sarjana terapan, dan magister lulus dengan nilai terbaik dan membanggakan. Kegiatan yang diselenggarakan secara luring dan daring ini membawa kebahagiaan tersendiri tidak hanya untuk mahasiswa dan keluarga tetapi juga untuk rektor dan seluruh sivitas akademika UNITRI.

Pada kegiatan hari ini, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang meluluskan sebanyak 640 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut:

Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Ekonomi Pertanian meluluskan 2 mahasiswa. Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis meluluskan sebanyak 28 mahasiswa, Program Studi Agroteknologi sebanyak 22 mahasiswa, Program Studi Teknologi Industri Pertanian sebanyak 13 mahasiswa, Program Studi Arsitektur Lanskap sebanyak 6 mahasiswa, Program Studi Peternakan sebanyak 38 mahasiswa. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen meluluskan sebanyak 67 mahasiswa dan Program Studi Akuntansi sebanyak 131 mahasiswa. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil meluluskan sebanyak 34 mahasiswa dan Program Studi Teknik Kimia sebanyak 18 mahasiswa. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Administrasi meluluskan sebanyak 87 mahasiswa dan Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 18 mahasiswa. Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan meluluskan sebanyak 38 mahasiswa dan Program Studi D-IV Bidan Pendidik sebanyak 135 mahasiswa. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi meluluskan sebanyak 3 mahasiswa.

Pada wisuda periode III 2021 ini, tercatat Wisudawan Terbaik Universitas atas nama Dhela Eka Wahyu Cahya Rahma, S.M dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi yang berhasil mendapatkan IPK 3,98. Selain Dhela, turut hadir pula Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas Strata-2 yakni atas nama Prasetyo Nugroho, M.P dari Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Ekonomi Pertanian dengan IPK 3,87. Adapun daftar nama wisudawan terbaik fakultas yang turut hadir diantaranya : Fakultas Pertanian dari Program Studi Peternakan atas nama Pratitis Rahajeng, S.Pt (IPK 3,95), Fakultas Teknik dari Prodi Teknik Sipil atas nama Elisabeth Van, S.T (IPK 3,9), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atas nama Dwi Ayu Febiola, S.A.P (IPK 3,85), Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan atas nama Elisabet Masan Leton, S.Kep (IPK 3,76), Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan atas nama Febriana Melania Bili, S.Tr.Keb (IPK 3,87) dan Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi atas nama Veronika Van, S.Pd (IPK 3,92). Dalam wisuda periode kali ini juga di hadiri oleh perwakilan wisudawan tiap program studi yang di wakilkan oleh 2 wisudawan.

Untuk pertama kalinya, pada wisuda ini, Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribuhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mewisuda 3 mahasiswa terbaiknya. Hal ini tentu membawa kebanggaan sendiri bagi Program Studi dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNITRI mengingat ini adalah kali pertama Prodi baru tersebut berhasil meluluskan mahasiswa tahun ini.

Kepala Program studi, Hasminar Rachman Fidiastuti, S.Si.,S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa lulusan angkatan 1 atau 2017 ini sangat berkesan dan akan menjadi sejarah untuk kedepannya. Sebab, menurutnya angkatan ini merupakan Angkatan pertama yang melakukan yudisium dan berhasil mengikuti wisuda.

“Kami program studi Pendidikan biologi dengan ini melepas dan menyandang status karena kami berhasil mengantarkan gelar 3 orang mahasiswa untuk menyelesaikan Pendidikan. Kenyataan bahwa teman-teman menyandang sarjana Pendidikan sebenarnya adalah awal yang sudah ditunggu yang tentunya sebuah hal yang baru dimulai sehingga teman-teman harus menyadari bahwa kalian akan menjadi sejarah bagi program studi kedepannya dan juga untuk diri kalian sendiri” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama proses dan tanggung jawab mahasiswa dan berpesan agar mahasiswa tidak melupakan hakikat dari proses belajar yaitu harus belajar sepanjang hayat. Ia juga berharap agar mahasiswa tetap menjalin silahturahmi karena hal itu menunjukan teladan yang baik bagi adik-adik semester.

Di samping itu, mahasiswa peraih IPk tertinggi (3,92), Veronika Yani, S.Pd menyampaikan banyak terima kasih dan sangat bangga karena angkatannya berhasil menyandang gelar dan melakukan yudisium pertama kali bagi prodi mereka, “Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh dosen yang telah membantu kami dari awal perkuliahan hingga mengantarkan kami ke tempat ini dengan menyandang gelar S.Pd. semoga ilmu yang kami dapatkan selama masa perkuliahan berguna bagi kami semua apalagi memasuki duni kerja” ucapnya.

Tak lupa ia berpesan kepada teman-teman mahasiswa yang saat ini sedang mengerjakan tugas akhir agar tetap semangat hingga suatu saat mereka dapat menyandang gelar yang sama.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Muhamad Rifai, MM, juga turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menceritakan bahwa perjuangan berdirinya Fakultas Ilmu Pendidikan ini diawali pada tahun 2015 yaitu ia dibantu para dosen untuk mengurus perijinan, hingga pada tahun 2016 telah mendapatkan SK operasional dari Kementrian Pendidikan untuk yang pertama kalinya sehingga pada tahun 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan berdiri sampai pada hari ini dengan 3 program studi diantaranya program studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dihadapan lulusan, ia menyampaikan bahwa pencapaian mendapatkan gelar akademik adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Beliau juga berharap agar Angkatan 2017 dapat segera menyelesaikan pendidikannya mengikuti tiga orang yang perdana yang sedang yudisium dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Pada Semester Ganjil tahun akademik 2021/2022, terdapat 106 mahasiswa baru angkatan 2021 memperoleh KIP Kuliah, 121 mahasiswa UNITRI yang dilanjut memperoleh KIP kuliah on going . 73 mahasiswa memperoleh beasiswa Bidikmisi on-going dan 292 mahasiswa mendapat bantuan UKT dari Kemendikbud periode Ganjil 2020/2021 dan Genap 2020/2021. Ada 1663 mahasiswa mendapat Beasiswa UNITRI. Selain itu, terdapat 106 mahasiswa memperoleh beasiswa dari beberapa pemerintah daerah (Kab Sikka, Kab Sanggau, dan Kab Sambas), serta 14 beasiswa dari Perusahaan Jasa Tirta dan Waskita Karya. Selain itu, pada masa Pandemi Covid 19 ini sebanyak 457 mahasiswa UNITRI memperoleh bantuan dari Pemerintah Kota Malang melalui Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), dan 5071 Mahasiswa UNITRI memperoleh bantuan kuota dari Kemendikbud. Secara rutin setiap tahun UNITRI juga menyediakan subsidi 50% – 100% SPP (melalui Yayasan Bina Patria Nusantara) kepada mahasiswa yang berprestasi (baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama), sehingga jumlah penerima subsidi SPP dari YPBN tersebut sampai TA 2020/2021 sebanyak hampir 60% dari jumlah mahasiswa UNITRI.

Rektor UNITRI Malang, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan dalam menyelesaikan Pendidikan di UNITRI dengan sangat baik. Beliau berpesan bahwa Menjadi Sarjana dan Magister bukan akhir dari karier saudara, tetapi menjadi awal dari karier dan perjuangan untuk menatap masa dengan yang berguna bagi keluarga, nusa dan bangsa. Universitas Tribhuwana Tunggadewi juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua / wali yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan tinggi di Unitri sehingga sampai dengan saat ini, UNITRI telah berhasil meluluskan 12.890 sarjana dan magister yang semuanya merupakan sumber daya manusia yang diharapkan berkualitas dan berkompeten.

Kegiatan wisuda kali ini turut dihadiri oleh Bupati Sanggau Kalimantan Barat, Bupati Sumba Barat dan Sumba Barat daya NTT, Yayasan Bina Patria Nusantara, Kepala Program Studi, hingga Wakil Dekan Fakultas masing-masing. Kegiatan dapat diikuti melalui alamat zoom dengan akses terbatas, dapat disaksikan Kembali melalui tayangan youtube di link Youtube Humas Unitri Official serta tayangan di JTV.

Leave a Reply

Arsip Berita