GELAR SEMINAR KEBANGSAAN, PUSDIWASBANG HADIRKAN ANAK ALM CAK DOEL ARNOWO

MALANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, Pusat Studi Wawasan Kebangsaan (Pusdiwasbang) UNITRI menggelar Seminar Kebangsaan “Pemuda Pahlawan Masa Depan Bangsa”, Sabtu (19/11) di Gedung Olah Raga (GOR) UNITRI. Kegiatan tersebut menghadirkan Prof Ir Wani Hadi Utomo, Ph.D (Pembina Pusdiwasbang UNITRI), Agus Djafad (Putra Alm Cak Doel Arnowo) dan FX Domini BB Hera (Sejarawan dan Kontributor Majalah Intisari).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Agustinus Ghunu SE MP MAP mengingatkan kegiatan ini merupakan  bagian dari filsafah Pusdiwasbang untuk terus mengingat sejarah bangsa Indonesia. Karenanya, kegiatan ini penting untuk melestarikan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme pancasila.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat menambah wawasan mahasiswa terkait nilai nasionalisme bangsa Indonesia sekaligus untuk mengetahui bagaimana peran cak doel yang sangat berkontribusi bagi kemerdekaan Republik Indonesia khususnya dalam peristiwa 10 November 1945.”

Dalam kegiatan tersebut, juga hadir Wakil Rektor I UNITRI Prof Dr Ir Widowati, MP. Dalam sambutannya beliau juga berharap melalui kegiatan ini, semangat untuk memupuk nilai kebangsaan dapat lebih diperjuangkan dan dihidupi dalam keseharian.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Prof Ir Wani Hadi Utomo, Ph.D (Pembina Pusdiwasbang UNITRI), Agus Djafad (Putra Alm Cak Doel Arnowo) dan FX Domini BB Hera (Sejarawan dan Kontributor Majalah Intisari).

Seperti diketahui, Alm Cak Doel Arnowo merupakan salah satu calon pahlawan yang diusulkan oleh Pusdiwasbang. Beliau pernah menjabat sebagai walikota Surabaya pada tahun 1950-1952 dan pernah diangkat menjadi rektor pertama Universitas Brawijaya Malang pada 1963-1966. Beliau turut andil dalam peristiwa 10 November 1945 sehingga dianggap cocok untuk menjadi pahlawan nasional Republik Indonesia. Anak Cak Doel Arnowo, Agus Djafad sengaja di hadirkan untuk memberikan refleksi dari perjuangan almarhum selama hidup.

Sebelumnya, pusdiwasbang UNITRI telah menggelar kegiatan konferensi asia afrika. Dalam kegiatan ini, juga dibahas tentang usulan Alm Cak Doel Arnowo sebagai calon pahlawan nasional sebagaimana Pusdiwasbang UNITRI juga sedang memproses pengusulan Ali Sastroamidjojo sebagai pahlawan nasional. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita