CAPAI 40% PEMBANGUNAN, BEGINI KONDISI SAINSTECHNOPARK UNITRI

MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) terus memperbaiki fasilitas dan sarana prasarana yang dibutuhkan seluruh sivitas akademika baik dosen dan mahasiswa. Selain pembangunan Gedung yang terus dilakukan selama beberapa bulan terakhir, peningkatan juga mulai tampak di sejumlah Laboratorium. Salah satunya yakni Laboratorium Lapangan Terpadu Fakultas Pertanian UNITRI Malang yang tergabung dalam Sainstechnopark.

Kepala Laboratorium central UNITRI, Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phil menjelaskan beberapa perkembangan dari Sainstechnopark. Menurutnya, sejauh ini, pembangunan empat laboratorium telah memasuki tahap pertama.

“Jadi tahap pertama ini, kita membangun laboratorium kultur jaringan, laboratorium Bio Energi Tenaga Surya, Bangunan baru 4 ruang laboratorium juga diperuntukkan untuk laboratorium Biologi, laboratorium Kimia, Operasi Teknik Kimia, Agronomi dan tanah.”

Selain itu, bangunan lain yang juga mulai dibangun yakni laboratorium aneka ternak dan satu bangunan yang terdiri dari garasi untuk benkel mobil listrik yang mengkonversikan kendaraan dari mesin konvensional ke mesin listrik. Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phil menambahkan, untuk saat ini, tahapan pembangunan tidak hanya telah mencapai tahap infrastruktur bangunan melainkan telah melengkapi peralatan laboratorium.

“Selain itu, kita juga nanti punya ruangan display untuk menunjukan produk dari hasil kerja laboratorium, ada juga kawasan pertanian yang bisa digunakan untuk studio praktek Program studi Arsitektur Lanskap, kemudian karena kita memiliki laboratorium Aneka Ternak maka kita sediakan lahan untuk sumber pakannya dari aneka ternak. Rencananya nanti aneka ternak ini yaitu ulat sutra sama kelinci.”

Sementara untuk aktifitas di Sainstechnopark, Beliau mengungkap nantinya akan lebih berfokus pada pembelajaran mahasiswa dan pengembangan penelitian dosen hingga hak paten penelitian. Dengan demikian, diharapkan praktek mahasiswa dapat lebih terfasilitasi dan tidak tercampur dengan fungsi produksi dari laboratorium itu sendiri. Hal ini mengingat tantangan saat ini bukan lagi bagaimana Universitas menghasilkan lulusan mahasiswa berkualitas tetapi juga laboratorium mampu menghasilkan produk yang bisa dijual dan digunakan oleh masyarakat luas.

Seperti diketahui, seluruh fasilitas di Laboratorium Lapangan Terpadu UNITRI terletak Sainstechnopark UNITRI. Sainstechnopark sendiri merupakan kumpulan dari mini-mini laboratorium yang dipersiapkan UNITRI sebagai laboratorium yang menghasilkan suatu produk tertentu. Proses perkembangan Sainstechnopark yang telah dilakukan sejak Desember tahun lalu ini memang ditargetkan akan kelar pada 9 Agustus 2021. Ke depan, bila Sainstechnopark ini selesai, UNITRI Malang akan menjadi Universitas pertama yang memiliki Lab Kultur Jaringan dan Lab Bio Energi Tenaga Surya yang telah dilengkapi satu panel surya untuk konversi energi matahari menjadi energi listrik.

“Nanti kita masih menghitungkan tingkat efisiensinya dan kalo memang mau diperluas, harapannya nanti bangunan yang barupun atau gedung-gedung yang disitu nanti akan menggunakan energi surya untuk energi listriknya.”

Sainstechnopark saat ini telah mencapai 40% pembangunan tahap pertama. Rencananya, pada 9 November 2021 nanti, tim dapat menyelesaikan pembangunan sekitar 70% sehingga nanti bisa memenuhi total pemindahan laboratorium dari kampus Utama ke Sainstechnopark di tahun depan. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita