BERSAING SECARA GLOBAL, FIKES UNITRI GELAR SEMINAR INTERNASIONAL

Malang- Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar Seminar Internasional dengan mengangkat tema ‘Complementary nursing therapy to enhance nursing care outcomes’ pada Sabtu (6/8) secara daring. Dalam kegiatan tersebut dihadirkan narasumber dari tingkat internasional yakni Prof. Hsiao-Yean Chiu, RN,PhD selaku Associate professor, School of nursing, dari Taipei Medical University dan dari tingkat nasional menghadikan Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp.,M.Kes selaku Dean of faculty of health sciences, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kegiatan ini menjadi awalan dari FIKES UNITRI untuk menjalin kerjasama dengan Taipei Madical University. Diawali dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan seperti seminar nasional dan ditingkatkan menjadi seminar internasional. Dipilihnya Taipei Madical University, sebab memiliki keunggulan yang mirip dengan FIKES UNITRI, yakni memiliki keperawatan komplementer tentang pemberian terapi non farmakologis, yang bisa mendukung terapi farmakologi untuk pasien.

Untuk memaksimalkan dana yang ada, dan capaian peminat yang meningkat, kegiatan seminar internasional ini dilaksanakan secara daring. Kurang lebih hanya 5 hari, hampir 800 peserta mendaftar dalam kegiatan tersebut dan siap mengikuti kegiatan baik melalui zoom maupun YouTube. Hal ini disampaikan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Keperawatan, Sirli Mardianna Trishinta, S.Kep. Ns., M.Kep.

“Pesertanya mencapai hampir 800 peserta baik dari zoom ataupun YouTube, kami berikan kedua link tersebut. Jadi tidak hanya dari zoom tetapi juga YouTube, Karna kapasitas peserta hanya 500 Peserta, dan sisa nya bisa di YouTube” ujarnya.

Kegiatan ini dikuti oleh peserta dari profesi perawat, mahasiswa keperawatan, praktisi kesehatan dari berbagai wilayah tidak hanya dari Indonesia, tetapi di luar negeri.

“Yang saya tahu ada dari Jepang, Arab Saudi, dan Taiwan sendiri. Dan juga, mungkin Timor Leste, Karna mahasiswa kita juga ada yang sudah lulus dan posisi nya ada di Timor Leste.” Sambungnya

Harapan dari kaprodi Ilmu Keperawatan, acara ini bisa menjadi bridging dari FIKES untuk mulai melangkah menuju global, agar bisa bersaing secara internasional atau global.

Senada dengan yang disampaikan kaprodi Ilmu Keperawatan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Ir. KGS. Ahmadi, MP juga mengharapkan agar bisa menambah pengetahuan dari dosen fikes maupun mahasiswa, mengingat FIKES mempunyai salah satu pencirinya yakni komplementari terapi.

“Tujuan dari seminar ini juga terkait dari kompetensi utama atau penciri dari FIKES UNITRI, dan nanti bisa dikembangkan lebih lanjut untuk menambah wawasan dosen maupun mahasiswa. Dan tujuan lain nya untuk meningkatkan daya saing mahasiswa kita, melalui seminar internasional ini” tutupnya. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita