BANTU MASYARAKAT MANFAATKAN RUANG TERBUKA, KELOMPOK 24 KKN UNITRI APLIKASIKAN KEGIATAN URBAN FARMING

Malang-  Kelompok 24 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang melaksanakan Kegiatan di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. Salah satu agenda kegiatan kelompok tersebut yakni pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan urban farming. Program ini dipilih agar dapat membantu masyarakat sekitar khususnya di desa  tlekung kecamatan Junrejo Kota Batu untuk dapat memanfaatkan ruang terbuka sekitar menjadi lahan hijau untuk menghasilkan produk pertanian.

Oskariana Skolastika Awi sebagai ketua kelompok menjelaskan tentang program kerja kelompok mereka.

“Program kerja kami yaitu pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan urban framing. Melalui program ini kami ingin nantinya harapannya dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berupa sayur-sayuran.” ungkapnya.

Dengan memanfaatkan urban framing, masyarakat dapat menanam sayuran yang mudah dan bermanfaat sehari-hari seperti sawi, terong, tomat, cabe besar, cabe keriting, seledri, salad, hingga sawi pakchoy. Sedangkan teknis pelaksanaannya sendiri, sebanyak 200 polybag dan juga bibit sayuran disiapkan oleh mahasiswa.

Di bawah pendampingan Dosen Pembimbing Lapangan, mahasiswa menanam bibit tersebut dan kemudian membagikannya kepada RT 4 dan RW 01. Dengan adanya Kelompok KKN UNITRI, warga sekitar cukup antusias dan merespon positif program dari 21 mahasiswa. Selain kegiatan ini, mahasiswa juga melakukan kegiatan di  SD tlekung untuk menggelar Sosialisasi Protokol Kesehatan. (Humas)

Leave a Reply

Arsip Berita