BANTU KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU, KELOMPOK 34 KKN 39 UNITRI TERIMA PENGHARGAAN KEMANUSIAAN DARI ACT MALANG

MALANG – Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Hal ini juga berlaku di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang. Salah satu kelompok KKN UNITRI, yakni Kelompok 34 melakukan KKN di desa Lumajang dengan mengangkat tema “Aksi Kemanusiaan Peduli Bencana Semeru Lumajang”.

Ketua koordinator Kelompok 34, Samuel Gadi Rara menjelaskan bahwa kelompoknya melakukan kegiatan dengan menggelar penggalangan dana di jalan Veteran selama 3 hari dimulai dari tanggal 19-21 Desember 2021.

“Jadi kemarin itu, kami melakukan KKN di desa Lumajang sebagai bentuk aksi Kemanusiaan Peduli Bencana  Semeru Lumajang. Sebelum itu kami melakukan penggalangan dana dulu selama 3 hari” ungkapnya.

Hasil dari Penggalangan dana kemanusiaan bertujuan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Malang, Jawa Timur. Selama kegiatan, terkumpul sekitar Rp3.500.000 yang kemudian digunakan untuk membeli kebutuhan alat tulis, keperluan mandi serta masker. Hal itu juga merupakan program kerja kelompok mereka.

“Dari hasil galang dana itu, uang yang terkumpul sebanyak Rp.3.500.000, kemudian kami gunakan untuk membeli keperluan mandi dan kebutuhan alat sekolah. Sebenarnya ada beberapa proker lagi seperti sosialisasi dengan warga disana, tapi karena kondisi disana belum stabil makanya kami tidak bisa melakukan sosialisasi” tambahnya.

Selain bantuan alat tulis dan keperluan mandi, kelompok 34 juga memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp.2.000.000 yang diberikan kepada pihak setempat.

Untuk teknis pembagian bantuannya sendiri, tim KKN yang beranggotakan 21 orang tersebut didampingi oleh Muhammad Abdul Ghofur, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyerahkan bantuan tersebut kepada pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk diberikan kepada warga disana. Berkat hal tersebut, Presiden Aksi Cepat Tanggap Malang, Ibnu Khajar memberikan penghargaan kemanusiaan kepada UNITRI (KKN 39 Kelompok 34).

Dengan adanya kegiatan dan bantuan tersebut, Samuel berharap agar bisa bermanfaat bagi warga disana, meskipun sedikt paling tidak bisa ikut meringankan beban yang dialami korban saat ini. Disamping itu ia juga berpesan kepada teman-teman anggotanya untuk tetap semangat dan jangan putus asa dalam menjalani perkuliahan.(HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita