ADAKAN SIMULASI PEMBELAJARAN DARING, UNITRI PERBAIKI BEBERAPA KENDALA TEKNIS

Malang- Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengadakan kegiatan simulasi Pembelajaran Daring (1) dan Pemantapan Jaringan di 34 ruang kelas bersama dosen pengampuh mata kuliah, Selasa (15/9). Kegiatan uji coba ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi kekuatan bandwith atau koneksi jaringan internet yang telah dipersiapkan di area gedung perkuliahan untuk mendukung proses pembelajaran daring Live. Selain itu, kegiatan uji coba ini digunakan untuk simulasi proses administrasi perkuliahan sesuai pembelajaran daring yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran daring, Rektor UNITRI, Prof Dr Ir Eko Handayanto, M.Sc menunjuk tim delapan yang terdiri dari dosen-dosen penata pendidikan yang disiapkan untuk memberikan pendampingan kepada dosen pengampu. Pendampingan ini artinya jika dosen mengalami kesulitan, maka tim delapan bisa memberikan bantuan seperti pengarahan penggunaan alat-alat penunjang perkuliahan yang dilakukan kurang lebih  selama 2 minggu diawal perkuliahan.

Hal tersebut diungkap Kepala Bagian Registrasi Dan Data Proses Belajar Mengajar Pramono Sasongko, S. TP., MP.,M.Sc,

“Kita melakukan simulasi bersama tim delapan yang ditunjuk oleh rektor. Nanti mereka akan membantu di awal-awal perkuliahan supaya bisa familiar dengan mekanisme yang ada serta bagaimana koneksi terhadap wifi yang baru disiapkan” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Proses Belajar Mengajar atau ketua tim delapan, Rudy Setiawan, S.Pd., M.Pd menjelaskan target mereka yaitu untuk menemukan beberapa kendala selama proses simulasi seperti ketika sinyal di beberapa ruangan ditemukan melemah atau perangkat dosen yang kurang mendukung dengan aplikasi bersangkutan.

“Targetnya kita menemukan beberapa temuan seperti untuk koneksi internet di beberapa ruang utamanya yang di deretan gedung B dan deretan gedung akademik ini masih cenderung lemah, nanti kita akan tambah Bandwith” tuturnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan simulasi ini dosen mendapat gambaran perkuliahan yang paling efisien dan efektif untuk perkuliahan sehingga nantinya sesuai dengan tujuan di bidang akademik untuk tidak menyulitkan dosen maupun mahasiswanya. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita