103 MABA UNITRI TERIMA BEASISWA KIP KULIAH 2021

Malang- Sesuai Surat Keputusan No.64/TB.PK-350/XI/2021 tentang Penerima Bantuan Biaya Pendidikan K.I.P. Kuliah Reguler Maba tahun 2021 Universitas Tribhuwana Tunggadewi LLDIKTI Wilayah VII, sebanyak 103 mahasiswa baru dari beberapa program studi berhasil terpilih sebagai penerima beasiswa KIP kuliah setelah melalui proses seleksi pada Bulan Juli lalu.
Hal tersebut disampaikan oleh Ka Bagian Kesejahteraan Mahasiswa, Farida Kusuma Astuti, S.Pt., M.P
“Kebetulan hari ini UNITRI mendapatkan kuota KIP kuliah tahun 2021 untuk mahasiswa baru berjumlah 103, dimana itu hanya dikhususkan untuk mahasiswa baru. Setelah melakukan beberapa seleksi dari bulan Juli, akhirnya hari ini diumumkan.” Ujarnya.
Ia juga mengatakan bahwa adapun syarat utama penerima beasiswa KIP harus mempunyai Kartu KIP sejak Sekolah Menengah Atas, atau bisa juga diganti dengan kartu PKH dan KKS, maupun surat dari dinas sosial
“Beasiswa KIP kuliah itu diprioritaskan untuk mahasiswa yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar sejak SMA. Kartu Indonesia pintar bisa diganti dengan kartu PKH, KKS jadi itu mutlak harus memiliki kartu tersebut” ungkapnya.
Selain itu ia juga menjelaskan alur pendaftaran hingga seleksi beasiswa KIP,
Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Kasub Bagian Beasiswa, Farah Mutiara, S.P.,M.P, menambahkan, selain mahasiswa sudah memiliki KIP sejak SMA, persyaratan lain yang perlu di pertimbangkan yaitu akreditasi program studi mahasiswa tersebut,
“Jadi pembagian aturan pengelompokan akreditasinya sudah dari sananya langsung ya, sudah ditetapkan dari DIKTI langsung. Yang pertama akreditasi Prodi untuk kuotanya itu kita bagi ada yang A dan ada yang B, jumlah penerima beasiswa dari akreditasi A berjumlah 15 orang yang dari akreditasi B sejumlah 88 orang” tuturnya.
Disamping itu, mahasiswa penerima KIP bisa menerima beasiswa selama 4 tahun apabila nilai IPK berada di angka 3 dan tidak pernah mengambil cuti. Bagi mahasiswa penerima beasiswa selalu dalam pembinaan Biro Kemahasiswaan, agar pada tiap evaluasi mahasiswa yang bersangkutan dapat memenuhi ketentuan sebagai sasaran dari beasiswa ini karena diberikan oleh pemerintah.
Farida berpesan kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa KIP untuk mempergunakan beasiswa dengan baik sesuai kebutuhan perkuliahan dan tetap mempertahankan prestasi. Hal serupa juga disebutkan Farah agar mahasiswa tetap menjaga pergaulan sosialnya dan memanfaatkan beasiswa ini dengan baik hingga lulus. (HUMAS)

Leave a Reply

Arsip Berita