VISI

Menjadi universitas kerakyatan yang berkompeten dan berkualitas

Deskripsi Visi:

  1. Universitas Kerakyatan, adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk seluruh lapisan  masyarakat tanpa mengenal  diskriminasi dan berwawasan kebangsaan
  2. Berkompeten dan Berkualitas,adalah  penyelenggara  pendidikan  tinggi  yang diakui  oleh  publik  untuk  menyiapkan  peserta  didik yang memiliki  kompetensiakademik & atau profesional berbasis KKNI

MISI

  1. Menyelengarakan pendidikan tinggi yang terbuka luas bagi seluruh rakyat tanpa memandang kelas sosial ekonomi, suku, agama, ras dan golongan.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berkompeten,berkualitas,berdaya saing dan mandiri.
  3. Menyelenggarakan penelitian,pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan,teknologi, humaniora serta seni berbasis potensi, kearifan nilai dan budaya nusantara guna meningkatkan taraf kehidupan.
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan profesional berorientasi pada pengembangan konsep pemecahan masalah masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang berkelanjutan.
  5. Mengembangkan institusi pendidikan tinggi yang dinamis dan adaptif terhadap tuntutan standar kualitas publik.

TUJUAN

  1. Menyelengarakan pendidikan tinggi yang terbuka luas bagi seluruh rakyat tanpa memandang kelas sosial ekonomi, suku, agama, ras dan golongan.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang bertaqwa,berkarakter, memiliki wawasan yang luas, mampu membelajarkan diri, mandiri, memiliki disiplin dan etos kerja tinggi sehingga menjadi tenaga profesional yang tangguh.
  3. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi keilmuan dengan berorientasi pada pengembangan karakter serta pelestarian nilai kearifan dan budaya nusantara.
  4. Menghasilkan karya penelitian berbasis potensi nusantara yang mampu disebarluaskan dan diimplementasikan secara luas berprinsip pada pelestarian nilai kearifan dan budaya nusantara.
  5. Menjadi salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi, humaniora dan seni guna mendorong pembangunan nasional.
  6. Menjalin kerjasama kemitraan profesional dengan alumni, pemerintah, industri,lembaga pendidikan lain dan masyarakat secara luas dalam rangka pengembangan konsep pemecahan masalah masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang berkelanjutan.
  7. Menjadi inisiator dan aktif dalam upaya pengentasan kemiskinan, kesehatan dan permasalahan sosial ekonomi masyarakat lainnya melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.
  8. Meningkatkan kualitas SDM, sarana, dan prasarana pendidikan.
  9. Menerapkan dan mengembangkan standar mutu pendidikan tinggi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar SDM dan tuntutan publik akan standar nasional pendidikan tinggi yang baik.
  10. Menerapkan dan mengembangkan tata pamong yang baik dan mencerminkan kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab dan keadilan.